Nama : Dhika Primadya Citrawijaya
NPM : 12213334
Kelas : 2EA03
Metode Pembelajaran Guided Note
Taking
Pengertian
metode pembelajaran Guided Note Taking
Metode pembelajaran
guided note taking merupakan metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan
pembelajaran kooperatif (cooperative learning) .Pembelajaran kooperatif
(cooperative learning) adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan
siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri baik dalam
bentuk interaksi antar siswa maupun siswa dengan guru dalam proses pembelajaran
tersebut.
Metode pembelajaran
Guided note taking atau catatan terbimbing adalah metode pembelajaran yang
menggunakan suatu bagan, skema (handout) sebagai media yang dapat membantu
siswa dalam membuat catatan ketika seorang guru sedang menyampaikan pelajaran
dengan metode ceramah. Tujuan Metode pembelajaran guided note taking adalah
agar metode ceramah yang dikembangkan oleh guru mendapat perhatian siswa,
terutama pada kelas yang jumlah siswanya cukup banyak (Agus Suprijono, 2009:
105)
Adapun langkah –
langkah pembelajaran dengan metode Guided Note Taking adalah sebagai berikut :
1.
Memberi bahan ajar misalnya berupa
handout kepada siswa
2.
Materi ajar disampaikan dengan metode
ceramah.
3.
handout tersebut, misalnya dengan
mengosongkan istilah atau definisi atau bisa dengan cara menghilangkan beberapa
kata kunci.
Keunggulan
Metode Pembelajaran Guided Note Taking
1.
Metode pembelajaran ini cocok untuk
kelas besar dan kecil.
2.
Metode pembelajaran ini dapat digunakan
sebelum, selama berlangsung, atau sesuai kegiatan pembelajaran.
3.
Metode pembelajaran ini cukup berguna
untuk materi pengantar.
4.
Metode pembelajaran ini sangat cocok
untuk materi-materi yang mengandung fakta-fakta, sila-sila, rukun-rukun atau
prinsip-prinsip dan definisi-definisi.
5.
Metode pembelajaran ini mudah digunakan
ketika peserta didik harus mempelajari materi yang bersifat menguji pengetahuan
kognitif.
6.
Metode pembelajaran ini cocok untuk
memulai pembelajaran sehingga peserta didik akan terfokus perhatiannya pada
istilah dan konsep yang akan dikembangkan dan yang berhubungan dengan mata
pelajaran untuk kemudian dikembangkan menjadi konsep atau bagan pemikiran yang
lebih ringkas.
7.
Metode pembelajaran ini dapat digunakan
beberapa kali untuk merangkum bab-bab yang berbeda.
8.
Metode pembelajaran ini cocok untuk
menggantikan ringkasan yang bersifat naratif atau tulisan naratif yang panjang.
9.
Metode pembelajaran ini dapat
dimanfaatkan untuk menilai kecenderungan seseorang terhadap suatu informasi
tertentu
10.
Metode pembelajaran ini memungkinkan
siswa belajar lebih aktif, karena memberikan kesempatan mengembangkan diri,
fokus pada handout dan materi ceramah serta diharapkan mampu memecahkan masalah
sendiri dengan menemukan (discovery) dan bekerja sendiri.
Kelemahan
Metode Pembelajaran Guided Note Taking
1.
Jika guided note taking digunakan sebagai
metode pembelajaran pada setiap materi pelajaran, maka guru akan sulit
mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.
2.
Kadang-kadang dalam
mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga guru sulit
menyesuaikannya dengan waktu yang ditentukan.
3.
Kadang-kadang sulit dalam pelaksanaan
karena guru harus mempersiapkan handout atau perencanaan terlebih dahulu,
dengan memilah bagian atau materi mana yang harus dikosongkan dan pertimbangan
kesesuaian materi dengan kesiapan siswa untuk belajar dengan metode
pembelajaran tersebut.
4.
Guru-guru yang sudah terlanjur
menggunakan metode pembelajaran lama sulit beradaptasi pada metode pembelajaran
baru.
5.
Menuntut para guru untuk lebih menguasai
materi lebih luas lagi dari standar yang telah ditetapkan.
6.
Biaya untuk penggandaan hand-out bagi
sebagian guru masih dirasakan mahal dan kurang ekonomis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar